PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS BAHASA ARAB DI MA SUNAN PANDANARAN Tinjauan Psikologi Perkembangan Linguistik Remaja

Main Article Content

Zakiyatunnisa Al Mubarokah Pendidikan Bahasa Arab, Indonesia

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran keterampilan membaca dan menulis bahasa Arab serta kesesuaianya dengan teori psikologi perkembangan linguistik remaja di kelas XI Program Keagamaan Madrasah Aliyah Sunan Pandanaran.  Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian lapangan dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran keterampilan membaca dan menulis bahasa Arab meliputi penyusunan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran pada awal tahun pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dalam tiga kegiatan, yakni kegiatan awal (Pendahuluan), kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi), dan kegiatan penutup. (3) Evaluasi pembelajaran meliputi teknik pelaksanaan, instrument dan tindak lanjut dari hasil evaluasi. (4) Hasil komparasi menyatakan bahwa perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran keterampilan membaca dan menulis bahasa Arab secara keseluruhan sesuai dengan psikologi perkembangan linguistik remaja

Article Details

How to Cite
Mubarokah, Z. (2021). PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS BAHASA ARAB DI MA SUNAN PANDANARAN. TSAQOFIYA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 2(1), 20-36. https://doi.org/10.21154/tsaqofiya.v2i1.22

References

Ali, Mohammad & Muhammad Asrori. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Bumi Aksara, 2006.
Anwar, Effendi. Bahasa dan Sastra Sebagai Perspektif. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2005.
Arzyad, Azhar. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2003.
Desmita. Psikologi Perkembangan Peserta didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,2012.
Hamid, Abdul. Mengukur Kemampuan Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki Press, 2012.
Hermawan, Acep, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: PT.RosdaKarya, 2011.
Iskandarwassid & Dadang Sunendar. Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2013.
Kementrian Agama RI. Bahasa Arab (Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013). Yogyakarta: Kementrian Agama, 2015.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung; PT Remaja Rosdakarya, 2005.
Mustofa, Bisri & Abdul Hamid. Metode dan Strategi Pembelajaran bahasa Arab. Malang: UIN-Maliki Press, 2012.
Mustofa, Syaiful. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: UIN-Maliki Press, 2011.
Nugiyantoro, Burhan. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. cet.ke-5. Yogyakarta: BPFE, 2013.
Rosyidi, Abd. Wahab dan Mamlu’atul Ni’mah. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki Press, 2012.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.
Suparno, Paul. Teori Perkembangan Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius, 2011.