Analisis Buku Bahasa Arab Pegangan Guru dan Siswa Kelas XI Kurikulum 2013 Cetakan Kementerian Agama

Main Article Content

Mirwan Akhmad Taufiq UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
Muhammad Nashrullah UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kualitas buku pegangan guru dan pegangan siswa “Bahasa Arab” kelas XI kurikulum 2013 cetakan Kementerian Agama. Keberadaan buku mempunyai peran sangat penting dalam pembelajaran di sekolah. Dalam hal ini, kualitas buku pelajaran yang dijadikan sumber pembelajaran ikut serta menentukan hasil pencapaian tujuan pembelajaran. Salah satu kebijakan pemerintah dalam menerapkan kurikulum 2013 adalah pengunaan buku pegangan siswa yang dilengkapi oleh buku pegangan guru. Pendekatan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif (Library Research). Data dalam penelitian ini adalah terkait kualitas buku pegangan guru dan siswa. Sumber data didapatkan dari buku pegangan guru dan siswa Bahasa Arab kelas XI Kurikulum 2013 Cetakan Kementerian Agama. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui klarifikasi dan deskripsi. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas buku pegangan guru dan buku pegangan siswa termasuk pada kategori baik. Namun ada beberapa hal yang perlu di lengkapi seperti penulisan alamat foto atau gambar didapatkan dari mana dalam pembahasan materi.

Article Details

How to Cite
Taufiq, M. A., & Nashrullah, M. (2021). Analisis Buku Bahasa Arab Pegangan Guru dan Siswa Kelas XI Kurikulum 2013 Cetakan Kementerian Agama. TSAQOFIYA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 3(1), 16-25. https://doi.org/10.21154/tsaqofiya.v3i1.51