Tingkat Kemahiran Berbahasa dalam Buku Ajar Bahasa Arab KMA 183 Berdasarkan Perspektif ACTFL
Article Sidebar
Articles
Abstract views 647 times
Total Downloaded 424 times
This article can be traced in:
DOAJ GOOGLE SCHOLAR DIMENSIONS PORTAL GARUDA BASE INDONESIA ONESEARCH MORAREFMain Article Content
Abstract
This study aims to analyze the level of Arabic proficiency in the KMA 183 Arabic textbook from the ACTFL perspective, This research is library research with a qualitative descriptive approach and using content analysis techniques. The results showed that reading proficiency material was at a low beginner level and continued to increase to a high beginner level while writing proficiency material was consistently at a high beginner level. At the same time, receptive skills include reading and listening skills. Reading material as a whole has increased, wherein the first two chapters begin with the level of proficiency at the beginner high level (novice high), then increases at intermediate low. It is different from listening proficiency material which is consistently at the novice high level, thus showing that the process of transforming material changes can be enjoyed by learners in each chapter. As for the reading material presented in the textbook, it is at a level that is not sequential, so the goals to be achieved in this writing competency are not directed and structured
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemahiran berbahasa Arab yang ada dalam buku ajar bahasa Arab KMA 183 perspektif ACTFL. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan analisis data menggunakan teknis analisis konten Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada materi kemahiran membaca berada pada tingkatan pemula rendah dan terus meningkat hingga pada tingkatan pemula tinggi, sedangkan untuk materi kemahiran menulis konsisten berada pada tingkatan pemula tinggi. sedangkan untuk kemahiran reseptif mencakup kemahiran membaca dan menyimak. Pada materi membaca yang secara keseluruhan mengalami peningkatan, di mana pada dua bab pertama diawali dengan tingkat materi kemahiran di level pemula tinggi (novice high), lalu meningkat di madya rendah (intermediate low). Hal ini berbeda dengan materi kemahiran menyimak yang konsisten berada di tingkatan pemula tinggi (novice high), dengan demikian menunjukan bahwa proses transformasi perubahan materi bisa dinikmati pembelajar di tiap babnya. Adapun pada materi membaca yang disajikan dalam buku teks tersebut berada pada level yang tidak berurutan, sehingga arah tujuan yang ingin dicapai dalam kompetensi menulis ini kurang terarah dan terstruktur
Article Details
References
Atiqoh, Farhatul. 2018. Teknik Maudhu’ Usbu’Iy Sebagai Alternatif Untuk Meningkatkan Penguasaan Kemahiran Reseptif Dan Produktif Bahasa Arab. SEMNASBAMA (SEMINAR NASIONAL BAHASA ARAB).
Baroroh, R. Umi, and Fauziyah Nur Rahmawati. 2020. Metode-Metode Dalam Pembelajaran Kemahiran Bahasa Arab Reseptif”. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman 9 (2): 179–96. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v9i2.181.
Bygate, M. 2001. Speaking. Dalam Carter, R. dan Nunan, D (Eds.). 2001. The
Cambridge Guide to Teaching English to Speakers of Other Languages. Cambridge: Cambridge University Press.
Byrnes, H, J Child, N Patrizio, and P Lowe. 2012. “ACTFL Proficiency Guidelines.” American Council on the Teaching of Foreign Languages.
Chamba, Mayra Yadira, and Maria Rossana Ramirez-Avila. 2021. Word Recognition and Reading Skills to Improve Reading Comprehension. Journal of Foreign Language Teaching and Learning 6 (1): 20–36. https://doi.org/10.18196/ftl.v6i1.10174.
Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Kemahiran Berbahasa Dengan Pendekatan Komunikatif Interaktif. Bandung: PT Refika Aditama.
Hamid, Abdul. 2008. Pembelajaran Bahasa Arab: Pendekatan, Metode, Strategi, Materi dan Media. Malang: UIN Malang Press.
Hasanah, Mamluatul, Ahmad Mubaligh, Risna Rianti Sari, Alfiatus Syarofah, and Agung Prasetyo. 2021. Arabic Performance Curricullum Development: Reconstruction Based on Actfl and Douglas Brown Perspective. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning 4 (3): 779–801. https://doi.org/10.18860/ijazArabi.v4i3.11900.
Hayati, Rina. 2013. Penelitian Terapan. Gajah Mada University Press.
Jundi, Muhammad dan Najamudin Petta Solong. 2021. Tingkat Kesesuaian Indikator dan Kompetensi Dasar Bahasa Arab KMA 138. Tatsqifiy Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. Volume 2 Nomor 1
KPB, Tim Penyuluhan. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Mappiara, Zahra Atika. Muhammad Arif & Munirah. 2020. Analisis Bahan Ajar Dalam Buku Teks Siswa Madrasah Tsanawiyah Kelas 7 (Ditinjau Dari Segi Isi Dan Pengembangan Kognitif Anak).
Muhadjir, Noeng. 1998. Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. Ke-8. Yogyakarta: Grafika.
Nazir, Moh. 1999. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Ratna, Kutha Nyoman. 2010. Metodologi Penelitian (Kajian Budaya & Ilmu Sosial). Yogyakarta: Pustka Pelajar.
Rohani, Ahmad HM dan Abu Ahmadi. 1995. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Sudiati. 2019. Pendalaman Materi Bahasa Indonesia Modul Empat Keterampilan Berbahasa Reseptif. Jakarta: Kemdikbud.
Suharto, Toto & Ahmad Fauzi. 2017. Analisis Kesalahan Sintaksis dalam Buku Teks Bahasa Arab untuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan KebahasaAraban. 4 (1): 27
Sumardi, Muljanto. 1974. Pengajaran Bahasa Asing Sebuah Tinjauan Dari Segi Metodologi, Jakarta: Bulan Bintang
Suryasubrata, Suryadi. 1992. Metodologi Penelitian, Jakarta: Rajawali Press.
Susanti, Rini Dwi. 2013. Studi Analisis Materi Ajar Buku Teks PelajaranPada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Kelas Tinggi Madrasah Ibtidiyah. Arabia 5 (2): 199–223.
Syafri, Edi; Endrizal, NFN. 2013. Upaya Peningkatan Kemampuan Berbahasa Arab Melalui Metode Muhawarah (Dialog) Siswa Kelas Xi Ma Al Hidayah Lemoa Kec. Bontolempangan Kab. Gowa. Journal of Chemical Information and Modeling 53 (9): 1689–99.
Tarigan, Djago & H.G. Tarigan. 1986. Telaah Buku Teks SMTA. Jakarta: Depdikbud.
Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan. 2009. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.
Abdul Wahab Rosyidi dan Mamlu’atul Ni’mah. Memahami konsep dasar pembelajaran Bahasa Arab. Vol. 91. Malang: UIN-Maliki Press, 2011.
Ali, Ibadurrahman, Muhammad Jundi, Muhammad Zikran Adam, Siti Aliyya Laubaha, dan Suleman D. Kadir. “Implementasi KMA 183 Dalam Penyajian Materi Bahasa Arab Berbasis E-Learning Di MAN 1 Kabupaten Gorontalo.” Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam 4, no. 2 (2022): 146–60.
Hidayah, Fathi. “(Learning Arabic Quality Standard At Madrasa In Indonesia Based On ACTFL Standard) ACTFL معيار جودة تعليم اللغة العربية في المدرسة في أندونيسيا على أسس معيار.” لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya 9, no. 2 (2020): 169–83.
Isbell, Dan, dan Paula Winke. “ACTFL Oral Proficiency Interview – computer (OPIc).” Language Testing 36, no. 3 (2019). https://doi.org/10.1177/0265532219828253.
Nurdianto, Talqis, dan Noor Azizi bin Ismail. “Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Common European Framework Of Reference For Language (CEFR) Di Indonesia.” Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 6, no. 1 (2020): 1–22.
Rohman, Habibur, dan Faiq Ilham Rosyadi. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis CEFR Untuk Meningkatkan Keterampilan Bahasa Arab Siswa/Development of Arabic Teaching Materials Based on the Common European Framework of Reference (CEFR) to Improve Students’ Arabic Language Skills.” Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 7, no. 2 (2021): 163–83.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan, Cet. 12. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.