Analysis of Linguistic Errors in Students' Speaking Skill at Al-Qodiri Junior Secondary School 1 Jember

Main Article Content

Siti Alfiatul Jannah UIN Kyai Achmad Siddiq Jember, Indonesia
Faisol Nasar Bin Madi UIN Kyai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia
Abdur Rosyid UIN Kyai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia

Abstract

Language skills will be more optimal if supported by a supportive language environment and habituation. However, the high intensity of language use will be prone to causing language errors, which needs to be identified and a solution found so that it does not happen again. This research aims to determine and analyze the forms of students' language errors at MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember and the factors behind them. The approach used is a qualitative method with a field study type. The data collection method uses observation, interviews and documentation, as well as the data analysis method using the Miles and Huberman model which consists of data reduction, data display and conclusions. The research results show that students' language errors in maharah kalam often occur in the pronounciation of fiil madli, mudhori’ dan amrand the pronunciation of muannats and mudzakkar sentences. Meanwhile, the factors that cause language errors are mother tongue, environment, interlingual interference and intralingual interference.


Abstrak


Kemampuan berbahasa akan lebih optimal bila didukung adanya lingkungan berbahasa dan pembiasaan yang mendukung. Namun, tingginya intensitas penggunaan bahasa akan rentan menimbulkan kesalahan berbahasa, sesuatu yang perlu diidentifikasi dan dicarikan solusi agar tidak terjadi lagi ke depannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bentuk kesalahan berbahasa siswa di MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember serta faktor-faktor yang melatar belakanginya. Pendekatan yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis studi lapangan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, serta metode analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bentuk kesalahan berbahasa siswa dalam maharah kalam banyak terjadi dalam pengucapan fiil madli, mudhori’ dan amr dan pengucapan kalimat muannats dan mudzakkar. Sedangkan faktor penyebab kesalahan berbahasa yaitu bahasa ibu, lingkungan, interferensi interlingual dan interferensi intralingual.

Article Details

References

Amalia, Firda Hikmatul, Gian Ayu Ilma Nur Aufa, Nuri Puji Hastuti, Vanda Cindhy Farida, and Chafit Ulya. “Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Tataran Morfologi Laman Kompasiana Edisi November 2021.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 4, no. 2 (2021): 284–91. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.3081.
AZZAHRA, IIS SITI SALAMAH. “SUMBER DAN PENYEBAB KESALAHAN BERBAHASA: BAHASA IBU, LINGKUNGAN, DAN KEBIASAAN,” n.d.
Baharun, Hasan Ahmad. Bahasa Dunia Majmu’ah ‘ashrina Al-Lughah Al-Arabiah. Bangil: Darus Safaq, 1980.
Choirunnisa’, Elisa, Arlita Andriani, Diana Intan Sari, Natasya Puteri Ariska, and Chafit Ulya. “Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Tataran Morfologi Pada Portal Berita Online Suara.Com.” NIVEDANA : Jurnal Komunikasi Dan Bahasa 2, no. 2 (2021): 128–39. https://doi.org/10.53565/nivedana.v2i2.330.
Fathoni, Hanif. “Pembentukan Kata Dalam Bahasa Arab (Sebuah Analisis Morfologis ‘K-T-B’).” At-Ta’dib 8, no. 1 (2013). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v8i1.513.
Jubaidah, Siti. “EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARABMAHARATUL KALAMDENGAN MEDIA KOMIKDI MADRASAH ALIYAH NASRUDDIN DAMPIT.” Jurnal Review Pendidikan Islam 01, no. Desember2019 (2019).
Muhammad, and Nasir. Metode Penelitian. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1986.
Mun’im, Abdul. Analisis Kontrastif Bahasa Arab&Bahasa Indonesia. Jakarta: Al-Husna Baru, 2004.
Mustofa, Muhammad Arif. “Interferensi Bahasa Indonesia Terhadap Bahasa Arab.” An Nabighoh 20, no. 02 (December 2018): 139–61. https://doi.org/10.32332/AN-NABIGHOH.V20I02.1275.
Nurhasanah, Eno Noviyanti, and Deden Sutrisna. “ANALISIS SUMBER DAN PENYEBAB KESALAHAN BERBAHASA DALAM PODCAST SULE DENGAN TEH SHANTY- TRIK JITU THE SHANTY ISTRI DENY CAGUR!?” Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Majalengka, 2021, 211.
NURLAELA, L. “Analisis Kesalahan Berbhasa Bidang Morfologi Pada Karangan Narasi Siswa Kelas Xi Smk Muhammadiyah 4 Tallo.” Digilibadmin.Unismuh.Ac.Id, 2019.
Nurshafnita, Puput, and Darwin Zainuddin. “Analisis Kesalahan Pelafalan Huruf Hijaiyah Siswa Kelas VII Mts Al-Wasliyah Sigambal.” Tsaqofiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab 5, no. 2 (2023): 196–213.
Rahmawati, Ana. “Bentuk Interferensi Sintaksis Bahasa Indonesia Dalam Berbahasa Arab.” Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning 1, no. 2 (2018): 122–29. https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v1i2.5416.
Rahmawati, R.A Putri, and Novita Rahmi. “Analisis Kesalahan Morfologi Dalam Insya.” An Nabighoh: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab 22, no. 02 (2021): 243. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v22i02.2311.
Samsuri. Analisis Bahasa, Memahami Bahasa Secara Ilmiah. Jakarta: Erlangga, 1987.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitagtif Dan R&D. Bandung: Alfabet, 2018.
Thoyib, Thoyib, and Hasanatul Hamidah. “Interferensi Fonologis Bahasa Arab ‘Analisis Kontrastif Fonem Bahasa Arab Terhadap Fonem Bahasa Indonesia Pada Mahasiswa Universitas Al Azhar Bukan Jurusan Sastra Arab.’” JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA 4, no. 2 (January 2018): 63–71. https://doi.org/10.36722/SH.V4I2.257.
Wijaya, Mualim, and Nanda Devi Oktaviani. “Analisis Kesalahan Kalam Bahasa Arab Pada Peserta Didik Lembaga Pengembangan Bahasa Asing (Lpba) Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo.” لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya 12, no. 1 (2022): 136. https://doi.org/10.22373/ls.v12i1.13379.
Yuslizar, Firsa Afra, and Zakiyah Arifa. “INTERFERENSI MORFOLOGI DAN SINTAKSIS BAHASA INDONESIA DALAM BERBICARA BAHASA ARAB KOMUNITAS AL-KINDY UIN MALANG.” Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching 10, no. 2 (November 2021): 1–11. https://doi.org/10.15294/LA.V10I2.51931.
Zidat, Oday. “The Origin of Human Language According to Ibn Ḥazm (B).” Al-Qasemi Journal of Islamic Studies 6, no. 2 (2022).