Optimalisasi Kefasihan Pelafalan Kosa Kata Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Santri Pondok Pesantren Islamic Center Limbangan

Main Article Content

Firdaus Atmajaya UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
Anggit Husniati UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
Aisyahrani Arifin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

Abstract

This research aims to determine the effect of Arabic vocabulary pronunciation fluency training on improving the writing skills of students at the Limbangan Islamic Center Islamic Boarding School. The research method used is a quantitative method with a quasi-experimental approach and a one-group pre-test-post-test research design. The data collection technique uses tests and is analyzed using the Paired-Samples t-Test technique. The results of the research show that the pre-test results before the teacher fluency training were at a percentage of 16.6%, whereas after the Arabic vocabulary pronunciation fluency training, it was at a percentage of 80% with the parameter tcount = 3.131 and ttable = 1.699 so that a value of tcount > ttable could be obtained, or 3.131 > 1.699. It is clear that Ha is accepted while Ho is rejected. With these results, it can be concluded that training in fluency in the pronunciation of Arabic vocabulary during Imla' learning has a significant effect on improving the writing skills of students at the Limbangan Islamic Center Islamic Boarding School.


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan kefasihan pelafalan kosakata bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan menulis santri di Pondok Pesantren Islamic Center Limbangan. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kuantitatif dengan pendekatan kuasi-eksperimen dan desain penelitian one group pre-test-post-test. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dianalisis dengan teknik Paired-Samples t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pre-test sebelum diadakannya pelatihan kefasihan guru berada pada persentase 16,6%, sedangkan setelah diadakannya pelatihan kefasihan pelafalan kosakata bahasa Arab berada pada persentase 80% dengan parameter thitung = 3,131 ttabel  = 1,699 sehingga dapat diperoleh nilai thitung > ttabel  atau 3,131 > 1,699, maka dengan ini jelas bahwa Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Dengan hasil ini dapat disimpulkan bahwa pelatihan kefasihan pelafalan kosakata bahasa Arab pada pembelajaran Imla’ berpengaruhdan signifikan untuk meningkatkan keterampilan menulis santri Pondok Pesantren Islamic Center Limbangan.

Article Details

Author Biography

Firdaus Atmajaya, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Abdurohim, A. S. (2022). Penggunaan Bahasa Gaul Terhadap Karakter Siswa SMK Negeri 3 Bogor. Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 1, 10–12. https://doi.org/https:doi.org/10.58192/insdun.v1i4.245

Anto A.M. (2018). Metode Pembelajaran Bahasa Asing Arab di Pondok Pesantren Modern (Studi Kasus di Pondok Pesantren Roudlotul Qurro Cirebon). Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 01, 64.

Kumala, A.L. (2022). Mudakkiroh Fi Tadris Al-Kitabah. Tadris Al-Arabiyat, 01, 53.

Marwoto. (1987). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Depdikbud.

Okarisma Mailani, dkk. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 01, 1–10.

Sarmila, R.I. (2021). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Via Daring Di Indonesia. Al-Muallaqot, 01, 38–53.

Sauri, S. (2020). Sejarah Perkembangan Bahasa Arab dan Lembaga Islam Di Indonesia. Insa Cita, 05, 73–88. https://doi.org.10.2121/incita-jisisea.v5i1.1332

Syuhadak. (2023). Bahasa Arab di Masa Daulah Umayyah (661-749 M) dan Masa Daulah Abbasiyah (749-1258 M). Arabiya, 13.

Tarigan, H. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Tolinggi, S.O. (2020). Model Pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren Salafi dan Khalafi. Al-Lisan, 01, 64–94.

Zakiyyah, E.N. (2021). Perkembangan Bahasa Arab di Indonesia. Muhadasah, 01, 13–15.

References

Abdullah, Wan Amar Ikram Wan, and Kaseh Abu Bakar. “Penguasaan Kosa Kata Menerusi Dimensi Saiz Dan Pengukuran Kosa Kata Bahasa Arab Di Malaysia [Vocabulary Mastery through Size Dimension and Arabic Language Vocabulary Measurement in Malaysia].” BITARA International Journal of Civilizational Studies and Human Sciences (e-ISSN: 2600-9080) 5, no. 1 (2022): 132–44.
Achoita, Ana, and Juwini Sri Susanti. “Pengaruh Penguasaan Kosa Kata Terhadap Kemampuan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas Viii Mts Assalam Bangilan Tuban Tahun Pelajaran 2019/2020.” Tadris: Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam 14, no. 1 (2020): 19–40.
Anugrahi, Nursyamsi. “Efektivitas Pembelajaran Imla’dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Kata Dalam Bahasa Arab Peserta Didik Kelas XI Madrasah Aliyah DDI Kaballangan.” IAIN Parepare, 2019.
Asrofi, Imam, and Abdul Halim. “Efektivitas Metode Imla’terhadap Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Bahasa Arab.” EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 10, no. 2 (2021): 113.
Azizah, Azizah. “Penerapan Metode Imla’Al-Ikhtibari Dalam Meningkatkan Kompetensi Menulis Bahasa Arab Pada Siswa Kelas X Dayah Erpadu Al-Muslimun.” Al-Madaris Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman 3, no. 2 (2022): 61–71.
Fabiani, Elie, Jean-Luc Velay, Céleste Younes, Jean-Luc Anton, Bruno Nazarian, Julien Sein, Michel Habib, Jeremy Danna, and Marieke Longcamp. “Writing Letters in Two Graphic Systems: Behavioral and Neural Correlates in Latin-Arabic Biscripters.” Neuropsychologia 185 (2023): 108567. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.neuropsychologia.2023.108567.
Ghozali, Solchan. “Metode Imla’dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Arab.” MIYAH: Jurnal Studi Islam 15, no. 2 (2019): 475–96.
Habibi, Burhan Yusuf. “INTEGRASI KURIKULUM BAHASA ARAB PESANTREN TRADISIONAL DAN MODERN Arabi : Journal of Arabic Studies” 4, no. 2 (2019): 151–67.
Hurroh, Q, A Ma’ruf, and M Abdullah. “Implementation Of FlashCard Learning Media For Student Learning Motivation And Arabic Language Subject (At MI Miftahul Ulum 01 Cukur Guling Kulon 1 Lumbang Pasuruan East Java.” Jurnal Pendidikan Indonesia 2, no. 1 (2023): 32–37. https://jurnal.seaninstitute.or.id/index.php/jupei/article/view/198.
Jailani, Mohammad. “Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kurikulum Merdeka Di Pondok Pesantren.” Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah Dan Pesantren 1, no. 01 (2022): 7–14.
Kesuma, Guntur Cahaya. “Penerapan Metode Imla’untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Peserta Didik Kelas X SMA IT Pondok Pesantren Al-Mujtama’Al-Islami Karang Anyar Lampung Selatan.” Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 8, no. 2 (2020): 33–52.
Khamid, Abdul, Suryawahyuni Latief, and Muchamad Chairul Umam. “The Existency of Salaf Education Institutions in the Middle of Modern Education Flows.” International Journal of Community Engagement Payungi 1, no. 1 (2021): 18–24.
Rathomi, Ahmad. “Maharah Kitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Tarbiya Islamica 1, no. 1 (2020): 1–8.
Tolinggi, Syindi Oktaviani R. “Model Pembelajaran Bahasa Arab Di Pesantren Salafi Dan Khalafi: Studi Pebandingan Terhadap Pesantren Salafiyah Syafi’yah Pohuwato Dan Pesantren Hubolo Tapa.” Al-Lisan: Jurnal Bahasa (e-Journal) 5, no. 1 (2020): 64–95.
Wahab, Abdul, M Nilwani, and M Alias. “Penerapan Metode Imla’untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Darussalam Sengkubangtahun Ajaran 2017/2018.” Iqro’Khatulistiwa 5, no. 2 (2019).
Wahab, Muhbib Abdul. “Tantangan Dan Prospek Pendidikan Bahasa Arab Di Indonesia,” 2007.
Wekke, Ismail Suardi. “Arabic Teaching and Learning: A Model from Indonesian Muslim Minority.” Procedia-Social and Behavioral Sciences 191 (2015): 286–90.
Yusuf, Muhammad, and Ismail Suardi Wekke. “Active Learning on Teaching Arabic for Special Purpose in Indonesian Pesantren.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 191 (2015): 137–41. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.245.
Zuhriyah, Nurul, Ade Rahman, and Izzatunnisa Izzatunnisa. “Penerapan Metode Imla’Istima’i Dan IKhtibari Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Arab MAN 2 Bima.” Al-Af’idah Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa Arab 6, no. 2 (2022): 15–32.