Tren Penelitian Keterampilan Berpikir Kritis pada Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Indonesia

Main Article Content

Muhammad Azhar Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Abstract

This study aims to collect and review information about various studies that discuss critical thinking skills in Arabic language education journals throughout Indonesia in the 2020-2023 period. A qualitative research approach with a literature method was used. This study answers questions about the trend of critical thinking skills research from the number of studies per year, research design, treatment used, measurement instruments, data analysis techniques, and an overview of the series of studies that researchers have conducted. The data analysis technique used content analysis. The results showed increased publications discussing critical thinking skills, although it has yet to become Indonesia's primary trend in Arabic language learning. The study also identified the dominance of qualitative research, research subjects that tend to be MA and undergraduate students, and measurement instruments involving observation sheets, tests, interviews, and documentation. In addition, the articles were generally published in accredited journals, indicating the quality and credibility of the research. Recommendations for future research include increasing quantitative research, classroom action research (PTK), and development research (R&D), as well as involving a wider range of research subjects and varising research designs. This study provides in-depth insights related to critical thinking skills research in the context of Arabic language learning in Indonesia.


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan dan mengkaji informasi tentang berbagai penelitian yang membahas keterampilan berpikir kritis pada jurnal pendidikan bahasa Arab se-Indonesia pada periode 2020-2023. Pendekatan penelitian kualitatif dengan metode kepustakaan digunakan. Penelitian ini menjawab pertanyaan tentang tren penelitian keterampilan berpikir kritis dari aspek jumlah penelitian pertahun, desain penelitian, perlakuan yang digunakan, instrumen pengukuran, teknik analisis data, dan gambaran rangkaian penelitian yang telah dilakukan oleh para peneliti. Teknik analisis data menggunakan analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan jumlah publikasi yang membahas keterampilan berpikir kritis, meskipun belum menjadi tren utama dalam pembelajaran bahasa Arab di Indonesia. Penelitian ini juga mengidentifikasi dominasi penelitian kualitatif, subjek penelitian yang cenderung pada siswa MA dan mahasiswa strata 1, serta instrumen pengukuran yang melibatkan lembar observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu, artikel-artikel tersebut umumnya diterbitkan di jurnal-jurnal terakreditasi, menunjukkan kualitas dan kredibilitas penelitian. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya mencakup peningkatan penelitian kuantitatif, penelitian tindakan kelas (PTK), dan penelitian pengembangan (R&D), serta melibatkan subjek penelitian yang lebih luas dan varisasi desain penelitian. Penelitian ini memberikan wawasan mendalam terkait penelitian keterampilan berpikir kritis dalam konteks pembelajaran bahasa Arab di Indonesia.

Article Details