Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar

Main Article Content

Evi Muzaiyidah Bukhori Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia
Ahmad Sulton Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia

Abstract

This study was conducted to develop an Arabic e-module based on the Merdeka Belajar curriculum. The purpose of this study was to describe the validation of the Arabic e-module and the effectiveness of using the developed e-module. This study is an R&D study with the ADDIE development model. The evaluation instrument used tests and questionnaires and was analyzed using the T-Test. The results of the study are in the form of an Arabic e-module developed through a flipbook application, which includes features such as sound, images, animation, video, and more, that attract interest in learning and make it easier for students to understand Arabic material. Based on the results of the validity of media experts (92% very interesting), material experts (94% very interesting), and language experts (87.3% very interesting). The results of the limited trial between the control and experimental groups, analyzed with the T-test through the Independent Samples T-test on IMB SPSS 25.0, showed that the value of sig. (2-tailed) was 0.001, which is greater than 0.05. This means that Ha is accepted and H0 is rejected. The conclusion is that there is a significant difference between the Post-test learning outcomes of the control and experimental groups.


Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan e-modul Bahasa Arab berbasis kurikulum Merdeka Belajar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan validasi e-modul Bahasa Arab dan efektifitas penggunaan e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model pengembangan ADDIE. Instrumen evaluasi menggunakan tes dan angket dan dianalisis dengan T-Test. Hasil penelitian berupa e-modul Bahasa Arab yang dikembangkan melalui aplikasi flipbook, di dalamnya terdapat fitur suara, gambar, animasi, video dan sebagainya menarik minat belajar serta memudahkan mahasiswa memahami materi Bahasa Arab. Berdasarkan hasil validitas ahli media sebesar 92% (sangat menarik), ahli materi sebesar 94% (sangat menarik), dan ahli bahasa sebesar 87,3% dengan (sangat menarik). Hasil uji coba terbatas antara kelompok kontrol dan eksperimen dengan uji T-test melalui Independent Samples T-test) pada IMB SPSS 25.0 menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001>0,05. Artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulannya bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Post-test kelompok kontrol dan eksperimen.

Article Details

References

Abnis, Almaydza Pratama. “Pengembangan Profesi Guru Dalam Kurikulum Merdeka.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP) 7, no. 1 (2024): 2787–93.
Bukhori, Evi Muzaiyidah, and Ahmad Sulton. “Development of Arabic Scrabble Game to Improve Arabic Vocabulary for Students of Arabic Education Study Program IAIN Jember.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14, no. 4 (2022): 6197–6214.
———. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Android.” Tsaqofiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab 5, no. 2 (2023): 232–55.
Firdaus, Ana Nurhidayati, Syamsul Anam, and Asep Maulana. “Analisis Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung Jember.” Tsaqofiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab 6, no. 1 (2024): 197–209.
Hilmi, Hilmi. “Evaluasi Bahan Ajar Cetak Bahasa Arab Untuk Tingkat Madrasah Aliyah.” Intelektualita 9, no. 02 (2021).
Khanafi, Zikri, Rahmawati Rahmawati, and Yasmadi Yasmadi. “Tathwiir Al-Wasiilat Al-Ta’liimiyyat ‘Alaa Asaas Al-Tafkiir Al-Naqdiy Li Thullab Qism Ta’Liim Al-Lughat Al-‘Arabiyyyat Jaami’at Imam Bonjol Al-Islamiyyat Al-Hukuumiyyat Bi Padang.” Tsaqofiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab 6, no. 2 (2024): 358–73.
Mardiana, Dina, and Umiarso Umiarso. “Merdeka Belajar Di Tengah Pandemi Covid-19: Studi Di Sekolah Menengah Pertama Di Indonesia.” Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 13, no. 2 (2020): 78–91.
Merta Sari, Ni Komang Lina. “Pengembangan Bahan Ajar Embroidery Berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka.” Univrsitas Pendidikan Ganesha, 2022.
Millati, Izzah. “Peran Teknologi Pendidikan Dalam Perspektif Merdeka Belajar Di Era 4.0.” Journal of Education and Teaching (JET) 2, no. 1 (2021): 1–9.
Mukhibat, M, and Evi Muzaiyidah Bukhori. “Video Scribe Media Development Management In Improving Arabic Speaking Skills.” Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning 4, no. 3 (2021).
Mustaghfiroh, Siti. “Konsep ‘Merdeka Belajar’ Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey.” Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran 3, no. 1 (2020): 141–47.
Nesri, Fabiana Dini Prawingga, and Yosep Dwi Kristanto. “Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi Untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 9, no. 3 (2020): 480–92.
Nurdyansyah, Nurdyansyah. “Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar.” Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 2018.
Pasili, Ratna, and Abdurahman Mala. “Implementasi Manajemen Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Mata Pelajaran PAI Dan Implikasinya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik.” Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2020): 21–43.
Rahimah, Rahimah. “Peningkatan Kemampuan Guru SMP Negeri 10 Kota Tebingtinggi Dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022.” ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam 6, no. 1 (2022): 92–106.
Salsabilla, Irmaliya Izzah, Erisya Jannah, and Juanda Juanda. “Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka.” Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia 3, no. 1 (2023): 33–41.
Sitohang, Risma. “Mengembangkan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Di SD.” Jurnal Kewarganegaraan 23, no. 02 (2014): 13–24.
Solehudin, Deni, Tedi Priatna, and Qiqi Yuliati Zaqiyah. “Konsep Implementasi Kurikulum Prototype.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022): 7486–95.
Sulton, Ahmad, Sangkot Sirait, and Mahmud Arif. “The Educational Philosophy of Traditional Pesantren Roudlotul Muhsinin Al-Maqbul: Integrating Future Education Values.” Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan 20, no. 1 (2022): 34–45.
Vhalery, Rendika, Albertus Maria Setyastanto, and Ari Wahyu Leksono. “Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur.” Research and Development Journal of Education 8, no. 1 (2022): 185–201.