Analisis Konten Soal Penilaian Akhir Tahun Mata Pelajaran Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah

Main Article Content

Alwi Nizar Al-Ghifari UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
Firdausi Nuzula UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
Habibah Ahmad UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

Abstract

This research aims to analyze the content of the End of Year Assessment (PAT) questions at the Madrasah Tsanawiyah (MTs) Class 8 level created by the Ciamis Regency Arabic Language MGMP for the 2020/2021 academic year as an effort to improve and develop the content of the questions. This research is a descriptive qualitative type of research, with document review as a data collection technique; then, the data obtained will be analyzed using a content analysis method that focuses on cultural aspects, thought patterns, vocabulary, terminology and structure. The results of the research show that The content of the PAT questions at the 8th-grade MTs level created by the Ciamis Regency Arabic Language MGMP for the 2020/2021 academic year, consisting of 40 multiple choice questions and 5 essay questions, contains the five aspects of culture, thought patterns, vocabulary, terminology and structure. Researchers found 36 culture questions, 23 mindset questions, 13 vocabulary questions, 8 terminology questions, and 22 structure questions.


Asbtrak


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis konten pada soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kelas 8 yang dibuat oleh MGMP Bahasa Arab Kabupaten Ciamis tahun ajaran 2020/2021 sebagai upaya perbaikan dan pengembangan konten soal tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif deskriptif, dengan telaah dokumen sebagai teknik pengumpulan datanya, kemudian data yang diperoleh akan dianalisis dengan metode analisis konten yang berfokus pada aspek budaya, pola pikir, kosakata, terminologi dan struktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Konten soal PAT tingkat MTs kelas 8 yang dibuat oleh MGMP Bahasa Arab Kabupaten Ciamis tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri dari 40 soal pilihan ganda dan 5 soal esai, memuat kelima aspek budaya, pola pikir, kosakata, terminologi dan struktur. Peneliti menemukan bahwa soal budaya berjumlah 36, soal pola pikir berjumlah 23, soal kosakata berjumlah 13, soal terminologi berjumlah 8, dan soal struktur berjumlah 22.

Article Details

References

Abdul Munip. Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: FITK UIN Sunan Kalijaga, 2017.
Arif, M. “Efektivitas Media Pembelajaran Dalam Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab.” A Jamiy:Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 2020.
Aristia, Irene. “Pengaruh Bermain Cashnut Terhadap Pola Pikir Konsumtif Anak.” Binus, no. 2004 (2015): 6–25.
Bahri, Obi Saepul. “Analisis Isi Soal UAMBN Bahasa Arab Madrasah Aliyah Tahun Pelajaran 2016/2017 Dan 2017/2018.” Educare Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 17, no. 1 (2019): 50–54.
Cross, A. Home Economics Evaluation. A Bell & Howel Company, 1973.
Effendy, A.F. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Misykat, 2012.
Fahmi, Bahrudin, Syahrul Rizqi, and Nurul Elmira Harmeilinda. “Analisis Butir Soal Bahasa Arab MAS Pondok Pesantren Assalam Kampar Riau.” Ta’lim Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban 6, no. 1 (2022): 95–105.
Fauzi, Safran. “Analisis Soal Tes Kompetensi Kebahasaan Pada PAS Bahasa Arab Di Madrasah Tsanawiyah.” Ukazh: Journal of Arabic Studies 4, no. 2 (2023): 635–848.
Halimi, Zuhdy. Teknik Pengajaran Kosa Kata Bahasa Arab. BSA UIN Malang, 2017.
Hijriyah, U. Analisis Pembelajaran Mufrodat Dan Struktur Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah. CV. Gemilang, 2018.
Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, 2022.
Maulana, Deni, and Anwar Sanusi. “Analisis Butir Soal Bahasa Arab Ujian Akhir Madrasah Bersama Daerah (UAMBD) Madrasah Ibtidaiyah Tahun 2017-2018.” Ta’lim Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban 4, no. 1 (2020): 12–24.
Meliala, A Suranta Putra. “Muatan HOTS Pada Latihan Soal Buku Teks Bahasa Arab Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Kemenag,” 2023.
Mi’rotin, Sholikah, and Mufidah Cholil. “Analisis Bias Gender Pada Soal Ujian Bahasa Arab Di Madrasah Tsanawiyah.” An Nabighoh 22, no. 02 (2020): 191–210.
Mustafa, Izzudin, and Acep Hermawan. Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2018.
Padmo, Dewi. Faktor-Faktor Perancangan Pembelajaran MIPA Berbasis Budaya. Jakarta: UT, Pustekom, IPTPI, 2003.
Priantiwi, Tiara Nurfingkan, and Maman Abdurrahman. “Analisis Konten Pembelajaran Bahasa Arab Pada Media Tiktok.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8, no. 3 (2023): 1365–71. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1502.
Radha, M. Measurement, Evaluation, Assesment in Education. PHI Learning Provate Limited, 2016.
Susanty, Fatimah Depi. “Analisis Validasi Soal Tes Hasil Belajar Pada Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab Di Pusat Pengembangan Bahasa (P3B) Uin Suska Riau.” Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 19, no. 2 (2016): 1–23.
Syafi’i, Muhammad. “ANALISIS POLA PIKIR DAN PERILAKU LINGKUNGAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNRI TERHADAP LINGKUNGAN HIDUP DI KAMPUS FKIP UNRI.” Jurnal Pendidikan 9 (2018).
Utomo, Asep Purwo Yudi, Firstya Evi Dianastiti, S. Ermawati, Desi Carolina Saragih, and Sarwiji Suwandi. “Analisis Kualitas Konten Evaluasi Pembelajaran Bahasa Pada E-Learning Di Perguruan Tinggi Sebagai Media Pembelajaran Hibrida.” Jurnal Sastra Indonesia 11, no. 3 (2022): 227–36. https://doi.org/10.15294/jsi.v11i3.58001.
Wahab, A.S, and M.L Kamil. Budaya Dan Kebudayaan: Tinjauan Dari Berbagai Pakar, Wujud-Wujud Kebudayaan, 7 Unsur Kebudayaan Yang Bersifat Universal. Cross-Border 5, 2022.