Analyzing Phonemic Errors in Arabic by Native Javanese Speakers
Article Sidebar
Articles
Abstract views 381 times
Total Downloaded 214 times
This article can be traced in:
DOAJ GOOGLE SCHOLAR DIMENSIONS PORTAL GARUDA BASE INDONESIA ONESEARCH MORAREFMain Article Content
Abstract
The complex system and characteristics of the hijaiyah letters make it difficult for non-native speakers to pronounce the letters. In addition, the differences in the phonological system of Indonesian and Arabic, including differences in phonemes between the two, have the potential to cause interference. This research aims to analyze and determine interference in the form of errors in pronunciation of Arabic phonemes by native Javanese speakers, word shifts, changes in word meanings, and loss of word meanings. The method used in this research is descriptive-qualitative. The research data comes from the reading results of two samples collected using listening and recording techniques, and the data is analyzed using the Praat application. The results of this research indicate that both samples made errors in the form of replacing one phoneme with another phoneme; the error in the pronunciation of the phoneme /ħ/ which causes the change in the pronunciation of the word حَسَدَ [ħasad] to هَسَدَ [hasad], the phoneme /ʕ/ which causes the change in the pronunciation of the word اَعُوْذُ [aʕu:ðu] to اَءُوْذُ [aʔu: ðu] and the phoneme /q/ which causes change in the pronunciation of the word فَلَقِ [falaq] to فَلَكِ [falak], meanwhile the two samples made no mistakes in pronouncing the phoneme /ʃ/ so there was no change in word or meaning in the word شَرِّ [ʃar.ri]. It is hoped that this research can become a source of Arabic language knowledge for Arabic language learners and the general public so that they know how important it is to pronounce Arabic phonemes well and correctly because it influences the meaning of the words being pronounced.
Abstrak
Kompleksnya sistem serta karakteristik huruf hijaiyah menjadi kesulitan tersendiri untuk para non penutur asli dalam melafalkan huruf-hurufnya. Selain itu, perbedaan sistem fonologi bahasa Indonesia dengan bahasa Arab, termasuk perbedaan fonem di antara keduanya, berpotensi menyebabkan interferensi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mengetahui interferensi yang berbentuk kesalahan pelafalan fonem bahasa Arab oleh penutur asli bahasa Jawa, pergeseran kata, perubahan makna kata, serta hilangnya makna kata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Data penelitian bersumber dari hasil bacaan dua sampel yang dikumpulkan melalui teknik simak dan rekam, dan data dianalisis menggunakan aplikasi Praat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua sampel melakukan kesalahan berupa penggantian fonem yang satu dengan fonem yang lain; kesalahan pelafalan fonem /ħ/ yang menyebabkan perubahan pelafalan kata حَسَدَ [ħasad] menjadi هَسَدَ [hasad], fonem /ʕ/ yang menyebabkan perubahan pelafalan kata اَعُوْذُ [aʕu:ðu] menjadi اَءُوْذُ [aʔu:ðu] dan fonem /q/ yang menyebabkan perubahan pelafalan kata فَلَقِ [falaq] menjadi فَلَكِ [falak], sementara itu kedua sampel tidak melakukan kesalahan dalam melafalkan fonem /ʃ/ sehingga tidak ada penggantian kata ataupun makna pada kata شَرِّ [ʃar.ri]. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu sumber pengetahuan bahasa Arab bagi para pembelajar bahasa Arab maupun masyarakat umum sehingga mereka mengtahui betapa pentingnya melafalkan fonem Arab dengan baik dan benar kareba hal itu memengaruhi makna kata yang dilafalkan.
Article Details
References
Ali, Mad, Anwar Sanusi, Hikmah Maulani, Nalahuddin Saleh, Shofa Musthofa Khalid, Rinaldi Supriadi, and Mohamad Zaka Al Farisi. “Investigating the Arabic/f/Pronunciation: A Comparative Analysis of Acoustic Phonetics.” Al-Ta’rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Palangka Raya, 11(2), 181-196.
Alwan, Muhammad Dhiya, and Hikmah Maulani. “Pronunciation of Syafatain in Surah Al-Fatihah: Phonetic Analysis of The Imam of The Mosque.” Al-Fusha: Arabic Language Education Journal 5, no. 1 (2023): 34-42.
Amrulloh, Muhammad Afif. “Fonologi Bahasa Arab (Tinjauan Deskriptif Fonem Bahasa Arab).” Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 8, no. 1 (2020): 1-13.
Dhamina, Serdaniar Ita, and Luki Irma Wanti. “Kesalahan Pelafalan Fonem Bahasa Jawa Siswa Kelas Menengah di Ponorogo.” Diwangkara: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya Jawa 1, no. 2 (2022).
Diani, Irma, Wisma Yunita, and Syafryadin Syafryadin. “Interferensi bahasa Indonesia terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris mahasiswa Universitas Bengkulu.” In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra, pp. 164-173. ((2019)).
Fitrianah, Rossi Delta. “Perubahan Artikulasi Fonem Bahasa Arab bagi Penutur Bahasa Asing.” Tsaqofah dan Tarikh: Jurnal Kebudayaan dan Sejarah Islam 4, no. 2 (2020): 161-172.
Fuad, Ah Zakki. “Problematika Pembelajaran bahasa Arab Di Indonesia.” Edu-Kata 2, no. 1 (2015): 11-20.
Hadi, Sutarto and Harja Santana Purba. Modul Tajwid Al-Qur'an Konten Aplikasi Kampung Mengaji Digital. Deepublish. (2021).
Harun, Makmur. “Komunikasi Bahasa Jawa dalam bentuk Sapaan Keluarga Transmigrasi di Kalimantan, Indonesia: Communication of Java Language in The Form of Transmigration Families in Kalimantan, Indonesia.” Pendeta 11, no. 2 (2020): 108-125.
Iswatiningsih, Daroe. “Etnografi komunikasi: sebuah pendekatan dalam mengkaji perilaku masyarakat tutur perempuan jawa.” In Prasasti: Conference Series, pp. 38-45. (2016).
Kamus Arab Indonesia. اَعُوْذُ اَءُوْذُ. Kamus Arab Indonesia Version 7.05.2. Accessed on 7 March 2024.
Khasawneh, Najwa, and Mohamad Ahmad Saleem Khasawneh. “An Analysis of Arabic Language Needs for Speakers of Other Languages at Jordanian Universities.” International Journal of Language Education 6, no. 3 (2022): 245.
Lafamane, Felta. "Fonologi (Sejarah Fonologi, Fonetik, Fonemik)." (2020).
Lathifah, Fitria, Syihabuddin Syihabuddin, and M. Zaka Al Farisi. “Analisis Kesalahan Fonologis Dalam Keterampilan Membaca Teks Bahasa Arab.” Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 4, no. 2 (2017): 174-184.
Lestari, Yuni. “Analisis Kesalahan Fonologi Dialek Etnis Lampung Dalam Membaca QS Al-Fatihah Dan Al-Zalzalah.” Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab 3, no. 1 (2022): 62-70.
Masitah, Siti. “Peningkatan Pemahaman Tajwid Siswa Kelas Viii. a dengan Tehnik Bbm Bermain, berdiskusi, dan Melantunkan pada Masa Pandemi di SMP Negeri 9 Tanjung Jabung Timur.” Jurnal Literasiologi 7, no. 2 ((2021)): 556592.
Moore, R. K., & Skidmore, L. On the use/misuse of the term 'phoneme'. arXiv preprint arXiv:1907.11640. ((2019)).
Ahmad Warson Munawwir, “Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap,” (1997).
Muqomah, Ahalana Darol. “Analisis Kontrastif Terhadap Fonem Bahasa Arab dan Bahasa Jawa Serta Implikasinya Dalam Pengajaran Bahasa Arab.” PhD diss., UIN Suan Kalijaga, 2014.
Nasution, Nidakhairani, and Lahmuddin Lubis. “Analisis Kesalahan Makharijul Huruf pada Pelafalan Kalimat Bahasa Arab Kelas VIII MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung.” Modeling: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 2 (2023): 223-230.
Nurmala, Mia, Asep Sopian, Nalahuddin Saleh, and Syihabuddin Syihabuddin. “Why is Masdar Important? An Investigating of Masdar and its Translation.” Alsuniyat: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Budaya Arab 5, no. 1 (2022): 82-93.
Nurshafnita, Puput, and Darwin Zainuddin. “Analisis Kesalahan Pelafalan Huruf Hijaiyah Siswa Kelas VII Mts Al-Wasliyah Sigambal.” Tsaqofiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab 5, no. 2 (2023): 196-213.
Purnamasari, Endang. Belajar Mudah Makhraj dan Sifat Huruf Hijaiyah. Penerbit P4I, 2022.
Salamah, Salamah, and Eti Setiawati. “Articulatory phonetic errors and patterns in Thai BIPA speakers: A study at SWM School Thailand.” Indonesian Journal of Applied Linguistics 13, no. 3: 573-587.
Soendari, Tjutju. “Metode penelitian deskriptif.” Bandung, UPI. Stuss, Magdalena & Herdan, Agnieszka 17 (2012): 75.
Thoyib, Thoyib, and Hasanatul Hamidah. "Interferensi Fonologis Bahasa Arab “Analisis Kontrastif Fonem Bahasa Arab Terhadap Fonem Bahasa Indonesia Pada Mahasiswa Universitas Al Azhar Bukan Jurusan Sastra Arab”." Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora 4, no. 2 (2018): 63-71.
Triyanto, Hanif, and Endang Nurhayati. “Interferensi gramatikal bahasa Jawa dalam bahasa Indonesia pada karangan laporan peserta didik SMP.” LingTera 3, no. 1 (2016): 23-36.
Wati, Setia, and Ahmad Asse. “Interferensi Fonologi dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada Peserta Didik Kelas X Agama MA Alkhairaat Pusat Palu.” Albariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 4, no. 1 (2023): 51-68.