Self-Concept And Behavioral Changes Of At-Thonburi In The Short Story “Hidzaa al-Thonburi” By Kamil Kailani

Authors

  • Nur Imro'atul Hasanah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Author
  • M. Anwar Mas’adi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Author

DOI:

https://doi.org/10.21154/bnbkh132

Keywords:

self-images, self- esteem, ideal self, character change.

Abstract

This study aims to examine the changes in At-Thonburi's character in the short story "Hidzaa al-Thonburi" by Kamil Kailani, focusing on self-concept by identifying the internal and external factors that influence it, as well as describing the relationship between character changes and his life background. The methodology employed in this study is a qualitative-descriptive approach, utilizing Carl Rogers' self-theory and a literary psychology framework for analysis. The study utilizes two types of data sources: primary and secondary, employing reading and note-taking techniques for data collection. The qualitative analysis consists of data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study reveal five key findings, categorized into three components of self-concept: two self-images of At-Thonburi as a stingy individual and as one skilled in negotiation; two self-esteems derived from the judge and from his old shoes; and one ideal self concerning At-Thonburi's aspirations for character and moral development. Additionally, three factors from his life background that influenced the transformation of At-Thonburi's character were identified. These factors include a series of tribulations and disasters related to his shoes, which prompted him to engage in introspection and modify his attitude, along with the significant role of internal factors in the development of his personality.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan karakter At-Thonburi pada cerita pendek “Hidzaa al-Thonburi” karya Kamil Kailani dalam aspek konsep diri dengan mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang mempe-ngaruhinya, serta mendeskripsikan hubungan antara perubahan karakter dan latar belakang kehidupannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif-deskriptif, dengan analisis menggunakan teori self dari Carl Rogers, dan pendekatan psikologi sastra. Penelitian ini memanfaatkan dua jenis sumber data yaitu; primer dan sekunder, menerapkan teknik baca dan catat sebagai metode pengumpulan data dan menerapkan analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan sebagai metode analisis data. Dari hasil penelitian ini, ditemukan lima data yang terbagi menjadi tiga komponen konsep diri yaitu, dua citra diri At-Thonburi sebagai individu yang kikir dan pandai bernegoisasi, dua penghargaan diri yang diterima At-Thonburi dari sang hakim dan dari sepatu lamanya, serta satu diri ideal At-Thonburi dalam pencapaian karakter dan moral. Selain itu juga ditemukan tiga data dalam latar belakang kehidupan yang mempengaruhi perubahan karakter At-Thonburi yaitu melalui serangkaian kesengsaraan dan bencana yang dialaminya akibat dari sepatunya, hal itu mendorongnya untuk introspeksi diri dan mengubah sikapnya, selain itu faktor internal juga berperan penting dalam perkembangan kepribadian-nya.

References

Amalia, Lia, ‘Teori Konsep Diri Carl R. Rogers’, Muaddib 3, no. 1 (2014): 87–99 <http://journal.umpo.ac.id/index.php/MUA/article/view/29>.

Burns, R.B, Konsep Diri; Teori, Pengukuran, Perkembangan, Dan Prilaku. Jakarta: Arcan, 1993.

Defghi, Ilona Pasya, Hedya Novtansa Nugraheni, and Eva Dwi Kurniawan, ‘Konsep Diri Tokoh Iyan Dalam Novel Iyan Bukan Anak Tengah Karya Armaraher’, Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu 1, no. 6 (2023): 112–17, doi:https://doi.org/10.59435/gjmi.v1i6.161.

Endraswara, Suwardi, Metodelogi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, Dan Aplikasi. Yogyakarta: CAPS, 2013.

Fatimah, Anggun Nadia, And Imsa, Mentari Anugrah, Pengembangan Kepribadian Untuk Calon Praktisi Humas Dan Komunikasi Digital, ed. by Wahyu Kurniawadi, Pertama. Banyumas: Wawasan Ilmu, 2023.

Giovando, Egi Irsya, And Handayani, Noviani Prih, ‘ANALISIS IMPLEMENTASI KONSEP GANBARE OLEH TOKOH UTAMA DALAM FILM “すばらしき世界” (SUBARASHIKI SEKAI/ UNDER THE OPEN SKY) MELALUI TEORI CARL ROGERS’, Jurnal Bahasa Asing Lia 4, no. 1 (2023): 47–66.

H Baharuddin, Psikologi Pendidikan Refleksi Teoritis Terhadap Fenomena, Psikologi Pendidikan Refleksi Teoritis Terhadap Fenomena. Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2016.

Harahap, Darwin, ‘Teori Carl Rogers Dalam Membentuk Pribadi Dan Sosial Yang Sehat’, Al-Irsayad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2, no. 2 (2020): 321–34, doi:https://doi.org/10.24952/bki.v2i2.3174.

Kesuma, Feby Indranu, Putri Nurhayati, and Eva Dwi Kurniawan, ‘Analisis Struktur Kepribadian Carl Rogers Pada Tokoh Utama Novel Cari Cinta Karya Marthino Andries’, Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1, no. 3 (2024): 194–97, doi:https://doi.org/10.62017/merdeka.v1i3.854.

Ki, Fudyartanta, Psikologi Kepribadian. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2012.

Kailani, Kamil, ' حذاء الطنبوري' . Mesir: Maktabah Hindawi, 2012.

Kuncoro, Adib, and Eva Kurniawan, ‘Konsep Diri Tokoh Fitria Pada Cerpen Keajaiban Sebuah Ciuman Karya Hoeda Manis’, Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1, no. 3 (2024): 203–207, doi:https://doi.org/10.62017/merdeka.v1i3.858.

Matt, Jarvis, Teori-Teori Psikologi. Bandung: Nusa Media, 2017.

Nevid, Jeffrey S, Tentang Kepribadian Konsepsi Dan Aplikasi Psikologi (Nusamedia, 2021).

Nur, Fatwikiningsih, Teori Psikologi Kepribadian Manusia. Yogyakarta: Andi Offset, 2020.

Octavianne, Ari Sativa, and Mamik Tri Wedawati, ‘Konsep Diri Tokoh Yu Jen Dalam Film Crouching Tiger, Hidden Dragon 《卧虎藏龙》Wò Hǔ Konsep Diri Tokoh Yu Jen Dalam Film Crouching Tiger, Hidden Dragon 《卧虎藏龙》 Wò Hǔ Cáng Lóng Karya Ang Lee’, 2019: 1–12.

Rizqiyah, Hanif, and Anas Ahmadi, ‘Novel Kerumunan Terakhir Karya Okky Madasari : Kajian Psikologi Carl Rogers’, Sapala 8, no. 2 (2021): 141–153 <https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-sapala/article/view/41073>.

Samsara, Anta, Mengenal Psikologi Humanistik, Lautan Jiwa, 2020.

Schultz, Duane, Sikologi Pertumbuhan, Model-Model Kepribadian Sehat. Yogyakarta: kanisius, 1991.

Semiun, Yustinus, Teori-Teori Kepribadian Humanistik, ed. by Uji Prasatya. Yogyakarta: PT. Kanisius, 2021.

Sili, Fransiskus, ‘MERDEKA BELAJAR DALAM PERSPEKTIF HUMANISME CARL R. ROGER’, Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa 7, no. 1 (2021): 46–47, doi:https://doi.org/10.31932/jpdp.v7i1.1144.

Sofia, Lisda, ‘Hubungan Konsep Diri Dan Kematangan Emosi Dengan Motivasi Berprestasi’, Psikostudia: Jurnal Psikologi 1, no. 2 (2012): 81–90.

Sriyanti, Lilik, Psikologi Belajar. Salatiga: STIN Salatiga Press, 2011.

Venus, Antar, ‘Budaya Populer Jepang Di Indonesia : Catatan Studi Fenomenologis Tentang Konsep Diri Anggota Cosplay Party Bandung’, Jurnal ASPIKOM 1, no. 1 (2010): 71–90, doi:10.24329/aspikom.v1i1.9.

Wahyuni, Rima, and Ari Ambarwati, ‘Pertentangan Psikologis Tokoh Ping Dalam Novel Rapijali 1 Mencari Karya Dee Lestari: Kajian Carl Rogers’, SALINGKA, Majalah Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 20 (2023), doi:https://doi.org/10.26499/salingka.v20i1.820.

Wilcox, Lynn, Psikologi Kepribadian: Menyelami Misteri Kepribadian Manusia. Yogyakarta: IRCISoD, 2018.

Zukhruf, Zukhrina AZ, ‘Analisis Kepribadian Tokoh Dan Nilai Personal Dalam Cerpen “حذاء الطنبوري” /Ḥiżā`U Aṭ-Ṭunbūrī/ Karya Kamil Kailani’ (Universitas Sumatra Utara, 2023) <https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/89872>.

Zulkarnain, Iskandar. Asmara, Sakhyan, And Sutatminingsih Raras, Membentuk Konsep Diri Melalui Budaya Tututr: Tinjauan Psikologi Komunikasi (Puspantara, 2020).

Downloads

Published

2025-01-31