Pemanfaatan Teks Media Massa dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab

Main Article Content

Luthfi Qoriatul Hasanah UIN Raden Mas Said Surakarta, Indonesia

Abstract

Mastery of vocabulary is something that must be done by foreign language learners. The four language skills require mastery of vocabulary. The addition of vocabulary is often carried out independently by students which makes the addition of the vocabulary inconsistent so that an alternative way is needed to increase vocabulary, namely by utilizing online mass media texts to become the object of study in the Qiroah Taudzifiyah course. This study aims to determine the effectiveness of online mass media texts in improving vocabulary mastery. This research includes action research. The subjects of this study were 5th semester students of class 5A in 2021/2022 PBA UIN Raden Mas Said Surakarta, which consisted of 30 students. The data collection technique uses observation and questionnaires and the data analysis method uses qualitative analysis techniques equipped with some quantitative descriptive data. The results showed that use of mass media is effective to improve mastery of Arabic vocabulary. The evidence is the increase in the average pretest and posttest results of students where in the first cycle it increased by 35 points of assessment and in the second cycle increased by 20 points of assessment.


 


Abstrak


Penguasaan kosakata menjadi sebuah hal yang sangat wajib dilakukan oleh seseorang dalam pembelajaran bahasa kedua. Keempat kemahiran bahasa memerlukan adanya penguasaan kosakata. Penambahan kosakata sering kali dilaksanakan secara mandiri oleh mahasiswa yang membuat penambahan kosakata tersebut menjadi tidak konsisten, sehingga diperlukan adanya sebuah cara alternatif untuk melakukan penambahan kosakata, yaitu: dengan memanfaatkan teks media massa online untuk menjadi objek kajian dalam mata kuliah Qiroah Taudzifiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teks media massa online dalam meningkatkan penguasaan mufrodat. yang dilakukan kepada mahasiswa PBA UIN Raden Mas Said Surakarta. Penelitian ini termasuk action research atau penelitian tindakan kelas. Subjek Penelitian ini adalah mahasiswa semester 5 kelas 5A tahun 2021/2022 PBA UIN Raden Mas Said Surakarta, yang terdiri dari 30 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket dan Metode Analisa data menggunakan Teknik analisis kualitatif dengan dilengkapi dengan beberapa data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media massa efektif untuk meningkatkan penguasaaan kosakata bahasa Arab. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan rata-rata hasil pretest dan postest mahasiswa dimana pada siklus I meningkat sebesar 35 poin penilaian dan pada siklus kedua meningkat sebesar 20 poin penilaian.

Article Details