Analisis Pedagogik Paulo Freire terhadap Pembelajaran Maharah Kalam

Main Article Content

Muhammad Rizki Hi Aman UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

Abstract

The teacher's implementation of the Maharah Kalam learning method inappropriately resulted in low students' understanding of speaking skills. This research aims to find a new platform in Maharah Kalam learning, which focuses on the active involvement of students in the teaching and learning process. This type of research uses library research which includes four stages of data collection, including preparing all the necessary research equipment, preparing a working bibliography, and organizing time to read and record research data in collecting data using ways to find sources and construct from various sources, journals, books, and research that has been done. The next step is to analyze the data obtained from various sources critically to support comparisons between one part and another. The study results found that, according to Paulo Freire, the ideal educational concept is education on problems. Three Paulo Freire pedagogic elements have relevance in Maharah Kalam learning, namely 1) the role of students as subjects who live side by side with nature and face the world as objective reality, 2) the role of the teacher, as an individual who is equally with students looking for reality, and 3) the dialogic method, in applying Maharah Kalam learning, it is very effective if the learning uses the dialogue method


Abstrak


Implementasi metode pembelajaran maharah kalam yang dilakukan guru secara tidak tepat berakibat pada rendahnya pemahaman peserta didik tentang keterampilan berbicara. Penelitian ini bertujuan agar dapat menemukan platfrom baru dalam pembelajaran maharah kalam, yang memfokuskan pada keterlibatan peserta didik secara aktif dalam proses belajar mengajar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pustaka yang meliputi empat tahapan pengumpulan data di antaranya menyiapkan seluruh perlengkapan alat penelitian yang diperlukan, menyiapkan bibliografi kerja, dan mengorganisasikan waktu untuk membaca serta mencatat data penelitian. Dalam mengumpulkan data mengunakan cara mencari sumber serta mengkonstruksi dari berbagai sumber, jurnal, buku-buku, dan riset-riset yang telah dilakukan. Langkah berikutnya data yang didapatkan dari berbagai sumber tersebut dianalisis secara kritis untuk mendukung perbandingan antara satu bagian dengan bagian lainnya. Hasil penelitian menemukan bahwa, konsep pendidikan yang ideal menurut Paulo Freire yaitu pendidikan terhadap masalah, serta terdapat tiga unsur pedagogik Paulo Freire yang mempunyai relevansi dalam pembelajaran maharah kalam, yaitu 1) peran peserta didik, sebagai subyek yang hidup berdampingan dengan alam serta menghadapi dunia sebagai realitas objektif, 2) peran guru, sebagai individu yang sama-sama dengan peserta didik mencari realitas, dan 3) metode dialogis, Dalam menerapkan pembelajaran maharah kalam, sangat efektif bila pembelajaran tersebut menggunakan metode dialog

Article Details