Analisis Kesalahan Pelafalan Huruf Hijaiyah Siswa Kelas VII Mts Al-Wasliyah Sigambal

Main Article Content

Puput Nurshafnita Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
Darwin Zainuddin Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk kesalahan pelafalan huruf hijaiyah pada siswa kelas VII MTs Al-Wasliyah Sigambal serta factor yang melatarbelakanginya. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis studi lapangan. Data pada penelitian ini adalah hasil rekaman audiovisual siswa saat membaca mufradat mengenai isim dan fi’il dalam bahasa Arab. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 MTs Al-Wasliyah Sigambal dengan jumlah  29 siswa, dan dipilih dengan sampel acak sederhana (simple random sampling). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak, wawancara dan observasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan enam tahapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diketahui bahwa jumlah kesalahan pada pelafalan huruf hijaiyah mencapai sebesar 70% berupa kesalahan berubahnya pelafalan huruf konsonan menjadi huruf lain seperti perubahan huruf ص menjadi huruf س, huruf خ menjadi huruf غ, huruf ح menjadi ك, Perubahan huruf ح menjadi ه, huruf خ menjadi /ko/, huruf ق menjadi huruf ك, Perubahan huruf ذ menjadi ز, Perubahan huruf عmenjadi ݞ, huruf غ menjadi ݞ, huruf ث, ش  menjadi huruf س, bunyi huruf ق  menjadi huruf ك, huruf ح menjadi huruf ه, huruf  ظ  menjadi ض.  Sedangkan fatktor penyebab kesalahan tersebut di antaranya adalah: Faktor kebiasaan dari lingkungan, Pengaruh bahasa pertama berupa dialek Jawa, dan kesulitan mengidentifikasi letak artikulasi.


Abstract


This research aims to identify the forms of mispronunciation of hijaiyah letters in class VII students of MTs Al-Wasliyah Sigambal and the factors behind them. The approach in this study is descriptive qualitative with a type of field study. The data in this study are the results of students' audiovisual recordings while reading mufradat regarding ism and final in Arabic. The data source in this study were students of class VII-3 MTs Al-Wasliyah Sigambal with a total of 29 students and was selected by simple random sampling. The data collection technique uses observation, interview, and observation techniques, while the data analysis technique uses six stages. The results showed that it was known that the number of errors in the pronunciation of hijaiyah letters reached 70% in the form of errors in changing the pronunciation of consonant letters to other letters, such as changing the letters ص to letters س, letters خ to letters غ, letters ح to ك, changes to letters ح to ه, the letter خ becomes /ko/, the letter ق becomes the letter ك, the letter changes ذ to ز, the letter ع changes to Ż, the letter غ becomes ŝ, the letter ث, ش becomes the letter س, the sound of the letter ق becomes the letter ك, the letter ح becomes the letter ه, the letter ظ becomes ض. Meanwhile, the factors causing the error include Habits from the environment, the influence of the first language in the form of a Javanese dialect, and difficulty identifying the articulation location.

Article Details

References

Amrulloh, Muhammad Afif, dan Haliyatul Hasanah. “Analisis Kesalahan Fonologis Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Lampung Selatan.” Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab 3, no. 2 (2019): 209–28.
Anjani, Novika Dwi. “Analisis Kesalahan Fonologi Dalam Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Qur’an Kampar.” PhD Thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU, 2023.
Asih, Ratna, Ahmad Miftahuddin, dan Zaim Elmubarok. “Analisis Kesalahan Fonologi dalam Keterampilan Membaca Teks Berbahasa Arab siswa Kelas XI SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang.” Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching 9, no. 2 (2020): 123–37.
Dewi, Rosiana Anggraini, dan Ahmad Zubaidi. “Al-Diraasaat al-Taqaabuliyyat Bayna al-Ashwaat al-‘Arabiyyat wa Al-Induuniisiyyaat wa Tathbiiquhaa Fii Ta’liim al-Lughat al-‘Arabiyyat li Khidmati al-Thullab Fii Tadriis al-Lughat al-‘Arabiyyat.” Tsaqofiya: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab 1, no. 1 (2019): 55–75.
Dianti, Risti Rahma. “Analisis Kesalahan Fonologi dalam Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Solok Selatan.” PhD Thesis, UNIVERSITAS JAMBI, 2020.
Hidayah, Nurul, dan Devina Septiani Arman Dhita. “Analisis Kesalahan Fonologi Dalam Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Kelas VIII Di Lembaga Bahasa Arab Dan Inggris Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang,” 2021.
Hidayah, Nurul, dan Ummi Zulfa Ulya. “Analisis Kesalahan Fonologi Dalam Keterampilan Membaca Teks Arab Siswa Kelas VIII Di Pondok Pesantren Darul Muttaqin Sambong Jombang.” JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT 9, no. 3 (2021): 208–12.
Iryani, Eva. “Analisis Kesalahan Fonologi Dalam Membaca Teks Bahasa Arab Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di MIS Ihsaniyah Kelurahan Legok Kecamatan Danau Sipin Kota Jambi.” Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Budaya Islam 3, no. 02 (2022): 53–62.
Lestari, Yuni. “Analisis Kesalahan Fonologi Dialek Etnis Lampung dalam Membaca QS Al-Fatihah dan Al-Zalzalah.” Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab 3, no. 1 (2022): 62–70.
Saidah, Saidah. “Analisis kesalahan fonologi dalam membaca teks bahasa arab di MIS Ihsaniyah kelurahan legok kecamatan danau sipin kota jambi.” PhD Thesis, Universitas Jambi, 2022.
Sholihin, Muhammad Nur. “Peran Ilmu Al-Ashwat dalam Pelafalan Huruf Hijaiyah (KajianTeoritik Linguistik Terapan).” SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam 3, no. 2 (2020): 110–27.
Sielmi, Sielmi, Izzat Muhammad Daud, dan Wahyudi Wahyudi. “(قراءة السبعة في سورة الفاتحة (دراسة في علم الأصوات.” PhD Thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 2020.
Wahyu, Muhammad, dan Zulfahmi Lubis. “Kesalahan Fonetik Dalam Pidato Bahasa Arab (Muhadoroh) Santri Pondok Pesantren Modren Ta’dib Al-Syakirin.” A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab 12, no. 1 (2023): 87–101.
Wulandari, Nawang. “Analisis Kesalahan Fonologis Dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Arab.” Jurnal Al-Fathin 3, no. 1 (2020): 71–84.
Zulfa, Desi Rahmania. “Analisis Kesalahan Fonologi Dalam Keterampilan Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Kelas V MI Baiquniyyah.” Mahira: Journal of Arabic Studies & Teaching 1, no. 2 (t.t.): 51–60.
Zulhannan, Drs. “Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif.” PT. Raja Grafindo Persada, 2014.