Analisis Materi Ajar Dalam Buku Mahir Bahasa Arab 2 Untuk Kelas XI Madrasah Aliyah Program Keagamaan

Main Article Content

Naura Najipa Universitas Islam Negri Sumatera Utara, Indonesia
Darwin Zainuddin Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis isi materi ajar pada buku Mahir Bahasa Arab 2 Untuk Kelas XI Madrasah Aliyah Program Keagamaan. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kepustakaan. Sumber data primer bersumber dari buku Mahir Bahasa Arab 2 Untuk Kelas XI Madrasah Aliyah Program Keagamaan terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri dan sumber data sekunder bersumber dari buku, jurnal dan literatur terkait. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan studi pustaka dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Buku Mahir Bahasa Arab 2 untuk kelas XI Madrasah Aliyah Program Keagamaan telah menjelaskan materi ajar maf`ul bih dengan struktur definisi, macam dan contoh kalimat, di mana contoh kalimat menggunakan contoh yang bersumber bukan dari Al-Quran dan hal ini menjadi salah satu faktor sulitnya peserta didik memahami konsep yang diajarkan. Selain itu struktur penyajian konsep maf`ul bih sudah mengakomodir empat aspek keterampilan berbahasa yaitu mendengar, berbicara, membaca dan menulis


 


 Abstract


This study aims to analyze the content of teaching materials in the book Mahir Bahasa Arab 2 Untuk Kelas XI Madrasah Aliyah Program Keagamaan. This research approach uses descriptive qualitative with a type of literature study. The primary data source comes from the book Mahir Bahasa Arab 2 Untuk Kelas XI Madrasah Aliyah Program Keagamaan published by PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, and secondary data sources come from books, journals, and related literature. Methods of data collection using documentation and literature study and data analysis techniques using content analysis techniques. The results of the study show that the Mahir Bahasa Arab 2 Untuk Kelas XI Madrasah Aliyah Program Keagamaan has explained maf’ul bih teaching material with definition structures, types, and examples of sentences, where examples of sentences use examples that originate not from the Al-Quran, and this becomes one of the factors is the difficulty of students understanding the concepts being taught. In addition, the structure of the presentation of the maf`ul bih concept has accommodated four aspects of language skills, namely listening, speaking, reading, and writing

Article Details