Analisis Materi Ajar Bahasa Arab pada Akun Tik-Tok @kursusarabalazhar

Main Article Content

Miftahul Nizah Dalimunthe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
Fatma Yulia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

Abstract

This study aimed to analyze Arabic material on the tik tok account @kursusarabalazhar, which includes vocabulary, sharaf, and nahwu material in terms of content feasibility, design, and presentation. This study uses a descriptive qualitative approach to the type of literature study. Primary data sources come from the tik tok account @kursusarabalazhar, and secondary data sources come from books, journals, and related literature. Methods of data collection using documentation and literature study and data analysis techniques using content analysis techniques. The results of the study show that the vocabulary displayed in this account is in 2 ways, namely first, using pamphlets, which get excellent ratings from the aspects of content and design feasibility, fair value on the feasibility of presentation and language, and second, through conversation, which get excellent ratings from all aspect. Sharaf's material received a good feasibility assessment from the feasibility aspect of the content and design, a low score on the presentation aspect, and an adequate score from the language aspect. The nahwu material received good ratings from the feasibility aspects of content and design, fewer scores from the presentation, and sufficient scores from the language aspect.


Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis materi bahasa Arab pada akun tik tok @kursusarabalazhar yang meliputi materi kosakata, sharaf dan nahwu dari segi kelayakan isi, desain dan penyajian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kepustakaan. Sumber data primer bersumber dari akun tik tok @kursusarabalazhar dan sumber data sekunder bersumber dari buku, jurnal dan literatur terkait. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan studi pustaka dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa kosakata yang ditampilkan dalam akun ini melalui 2 cara yaitu pertama menggunakan pamflet, yang mendapatkan penilaian sangat baik dari aspek kelayakan isi dan desain, nilai cukup  pada kelayakan penyajian dan bahasa dan kedua melalui percakapan, yang mendapatkan penilaian sangat baik dari semua aspek. Materi sharaf mendapatkan penilaian kelayakan baik dari aspek kelayakan isi dan desain, nilai kurang pada aspek penyajian dan nilai cukup dari aspek bahasa. Materi nahwu yang mendapatkan penilaian baik dari aspek kelayakan isi dan desain, nilai kurang dari aspek penyajian dan nilai cukup dari aspek bahasa.

Article Details

References

Ahmad, Jumal. “Desain penelitian analisis isi (Content analysis).” Research Gate 5, no. 9 (2018): 1–20.
Al Wali, Muhammad Roja, dan Rima Maulida. “Studi Pemanfaatan Aplikasi Tik-Tok Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Bahasa Arab Pada Masa Pandemi Covid 19.” PROCEEDINGS ICIS 2021 1, no. 1 (2022).
Alfarizi, Urfa Zuyina. “Pengaruh Tiktok Dalam Meningkatakan Motivasi Belajar Bahasa Arab Untuk Mahasiswa Semester Empat Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Ajaran 2021/2022.” PhD Thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2022.
Aminullah, Muhammad Afiq, Fadilah Al Azmi, dan Darul Jalal. “Pembelajaran Bahasa Arab Mandiri Melalui Platform Aplikasi Tiktok Sebagai Tren Belajar Masa Kini.” Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 5, no. 2 (2022): 283–302.
Amzaludin, Amzaludin, Indhun Qurottul Ain, dan Eka Silfia Khumairah. “Akun TikTok (@ kampungarabalazhar) Sebagai Media Belajar Bahasa Arab Online.” Jurnal Simki Pedagogia 6, no. 2 (2023): 554–65.
Fauziah, Syifa Rahma. “Penggunaan TikTok dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan penguasaan kosa kata siswa: Studi quasi eksperimen pada siswa kelas 9 MTs Salafiyah Al-Falah.” PhD Thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2021.
Fitriyani Yani Nana, Supriatna Zultrianti, Sari Mia. “Jurnal Kependidikan : Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar Departemen Pendidikan Sejarah , FPIPS , Universitas Pendidikan Indonesia Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Universitas Kuningan * Corresp” 7, no. 1 (2021): 97–109.
Hutamy, Ericha Tiara, Andi Naila Quin Azisah Alisyahbana, Nur Arisah, dan Muhammad Hasan. “Efektivitas Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa 11, no. 01 (2021): 21–26.
Khoiriah, Yayah. “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab (Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas 7 Mts Negeri 20 Jakarta).” PhD Thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA, 2022.
Kurniati, Selly Septia, Dini Valdiani, dan Ismail Taufik Rusfien. “Analisis Personal Branding Fadil Jaidi di Media Sosial (Studi Kasus Konten Instagram, Tik Tok, Dan Youtube).” Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi 6, no. 2 (2022): 112–21.
Lailiyah, Selviatul. “تيك توك لتعليم مهارة الكلام لدى الطلبة للفصل 5 المدرسة الإبتدئية.” Nady Al-Adab: Jurnal Bahasa Arab 19, no. 1 (2022): 81–93.
Maharani, Fitria, Puji Yanti Fauziah, dan Muhamad Ikhsan Sahal Guntur. “Penggunaan contoh dalam pembelajaran matematika sekolah menengah dalam persepsi guru.” PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika 16, no. 2 (2021): 151–62. https://doi.org/10.21831/pythagoras.v16i2.37279.
McCashin, Darragh, dan Colette M. Murphy. “Using TikTok for public and youth mental health–A systematic review and content analysis.” Clinical Child Psychology and Psychiatry 28, no. 1 (2023): 279–306.
Nasution, Awal Kurnia Putra. “Integrasi media sosial dalam pembelajaran generasi z.” Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan 13, no. 1 (2020): 80–86.
Sukamta, Sukamta. “KOMPLEKSITAS HUBUNGAN ANTARA WAZAN DAN MAKNA (Kajian terhadap Variasi Wazan dan Ambiguitas Bentuk Kata dalam Bahasa Arab).” Adabiyyāt: Jurnal Bahasa dan Sastra 11, no. 1 (2012): 1. https://doi.org/10.14421/ajbs.2012.11101.
Syarofi, Ach, dan Syuhadak Syuhadak. “Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Audio-Visual melalui Media Sosial: Youtube, TikTok, Instagram, Facebook.” Kitaba: Journal of Interdisciplinary Arabic Learning 1, no. 1 (2023): 1–11.
Taubah, Miftachul, dan Muhammad Nur Hadi. “Aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran maharah kalam.” Jurnal Mu’allim 2, no. 1 (2020): 57–65.
Zubaidi, Ahmad. “Tathbiiq al-Qiyam al-Bunyawiyyat Fii Ta’liim al-Mahaaraat al-Lughawiyyat al-Arba’.” Tsaqofiya: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab 3, no. 1 (2021): 132–46.
Zubaidi, Ahmad, Junanah Junanah, dan M. Ja’far Shodiq. “Pengembangan Media Pembelajaran Mahârah Al-Kalâm Berbasis Media Sosial Menggunakan Aplikasi Tiktok.” Arabi: Journal of Arabic Studies 6, no. 1 (2021): 119–34.